Daftar Blog Saya

Sabtu, 04 Juli 2015

Kerajinan Tangan Daur Ulang Kardus Bekas , Bunga kering, Bulir Jengger Ayam

Punya kardus bekas  yang bentuknysa sudah nggak jelas? Hias saja yuk dengan bulir-bulir bunga jengger ayam. Bunga jengger ayam ini sering tumbuh liar di alam lepas.  Di lahan-lahan kosong, tumbuh subur. Kalau di Bandung masih ada juga  lahan bekas sawah yang siap dibangun, saya sering berburu bunga jengger ayam liar ini.  
Bahan Bunga Kering
Jengger ayam di alam liar
Bunga jengger ayam bisa kita jadikan bunga kering. Bisa kta beri warna. Caranya , setelah ditpetik, rebus dengan pewarna . Bisa pakai Wanteks atau pewarna tekstil. Bisa juga pewarna makanan, hanya saja warnanya agak pucat.

Lalu saat menjemurnya, ikat dulu satu sama lain batangnya, beri tali. Gantung di jemuran pakai tali diikat. Gantungnya harus posisi terbalik,  jemur sampai kering.


JIka sudah kering bisa dipajang menjadi rangkaian bunga. Adakalanya setelah proses pengeringan  bulirnya rontok. Nah yang bulirnya rontok , sekalian saja rontokkan. Lalu simpan di toples plastik ecil untuk siap diolah.
bahan kerajinan tangan daur ulang kardus bekas. Bunga jenger ayam yang dikeringkan/diawetkan,  untuk menyelimuti permukaan kardus bekas


Cara mengolahnya,begini. Bukan  dengan memoles luar kardus dengan lem lalu ditaburkan ke atasnya. Bukan. Cara sebenarnya, siapkan mangkuk, siapkan lem putih FOX di dalamnya. Masukkan bulir jenger ayam, aduk seperti adonan kue. Gunakan sendok. Lalu adonan ini ratakan di seluruh permukaan luar kardus. 

Kalau sudah kering jadinya seperti di bawah ini. 

kerajinan tangan daur ulang , kardus bekas, luarnya dilapisi adonan lem putih fox dengan bulir bunga kering, bunga jengger ayam.  Dibuat di Bandung tahun 2005. 



tags: Kerajinan Tangan Daur Ulang Kardus Bekas , Bunga kering, Bulir Bungga Jengger Ayam .Step by step cara membuat handicraft daur ulang , dari kardus bekas, dan bunga kering.RECYCLE  HAND CRAFT, HAND MADE , DRY FLOWER , 

2 komentar: