Daftar Blog Saya

Kamis, 23 Februari 2023

Bunga Kamboja , AromaTherapy Alami , Pengharum Ruangan dan Taman

 

Bunga Kamboja Kuning, aroma therapy, pengharum ruangan dan taman, https://berbagigagasan.blogspot.com

Pagi itu sensasi berseminya bunga-bunga kemboja kuning  cantik di pekarangan depan rumah harum, menebar aroma harum semerbak. Sangat  betah  berdiam  di area hijau  dengan semerbak kamboja kuning. Sementara dari ujung jalan, bunga kemuning Pak RT sedang bersemi juga. Terbayang kan, seperti apa semerbaknya lorong jalan di tepian Sungai Pesanggrahan ini. Jakarta rasa pedesaan.....

Bunga Kamboja Kuning, aroma therapy, pengharum ruangan dan taman, https://berbagigagasan.blogspot.com

Bunga kamboja dirangkai dengan memanfaatkan tangkai lidi di video berikut ini , tonton yuk idenya. Bunga kamboja  pengharum ruangan  mempercantik  suasana (interior dekorasi). 


Sementara bunga melati yang menjadi tanaman pagar di rumah tetangga depan sedang marak juga bersemi. Hanya saja  bunga-bunga melati wanginya kurang menyebar. Sesekali aku minta ijin kepada penjaga rumah depan untuk memetik  segenggam melati. Bunga melati  favorit ini saat disimpan dalam pisin di atas meja kerja, bisa mendongkrak mood, menenangkan , memacu kreativitas. Yup, sebagai aroma therapy natural. Sayangnya bunga melati hanya satu hari saja umurnya.

Bunga kamboja kuning ternyata lebih bertahan lama sebagai moodbooster dalam ruangan. Jika dipetik segerombol bersama tangkainya, lalu aku pajang dalam toples bening mini  bekas cookies,  bisa bertahan 3 sampai 4 hari. Meski ada sedikit yang berguguran. Satu ruangan serasa memakai parfum sepenuh hari.

Bunga Kamboja Kuning, aroma therapy, pengharum ruangan dan taman, https://berbagigagasan.blogspot.com


Wewangian kemboja sama kuatnya seperti wewangian kemuning. Meski tidak sekuat bunga sedap malam dan kaca piring keharumannya. Namun bunga kemboja memang unik wanginya.  Di rumah mungil kami seluas 50 m2, satu ruang blong merangkap ruang tamu, ruang makan dan dapur 31,5 m2. Ada satu kamar tidur 9 m2, dan 9,5m2 sisanya kamar mandi kecil pluss ruang tempat mesin cuci. Maka memajang bunga harum dalam ruangan  dalam jumlah sedikit saja sudah cukup. Wewangian bunga  dari alam selalu meneduhkan alam pikiran dan suasana hati. Lebih aman dari wewangian buatan.



Bunga Kamboja Kuning, aroma therapy, pengharum ruangan dan taman, https://berbagigagasan.blogspot.com



Bunga kamboja ini kami tanam setelah mengambil seteknya dari lahan kosong belakang rumah. Ada bidang tanah kosong tepian sungai sebagai jalur hijau. Lahan kosong tersebut dimanfaatkan oleh RT  menjadi taman warga. Sebagian besar dimiliki warga, namun warga tersebut mengijinkan lahannya  dimanfaatkan untuk warga.

Menanam kamboja sangat mudah, tinggal disetek, dipetiki dulu daun-daunnya sampai gundul. Simpan di tempat teduh, posisi berdiri di bawah pohon mangga depan rumah. Sekira sebulan mulai tumbuh pucuk, dan langsung tancap di tanah. Awalnya  harus rajin disiram, lama kelamaan etelah dewasa,  cukup mengandalkan hujan. Kecuali jika kemarau kering, tetap saja harus rajin di siram.

Bunga kemboja di Bali sering digunakan  untuk sesajen, janur dan  pakaian adat. Karena memang wanginya sensasional. Disimpan dalam mangkuk  berisi air, biarkan bunga-bunganya mengapung, menjadi hiasan dramatis di atas meja. Ada juga yang merangkai kamboja di setangkai lidi, dibaurkan dengan bunga sepatu.

Untuk lebih jauh mengenal kiat bertanam kamboja , ada tulisan bagus di Kompas.Com, tautannya di bawah ini. 

Kompas.com dengan judul "Cara Menanam Pohon Bunga Kamboja, Jadi Daya Tarik Halaman Rumah"

, Klik untuk baca:

 https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/19/083400176/cara-menanam-pohon-bunga-kamboja-jadi-daya-tarik-halaman-rumah?page=all.
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar