Daftar Blog Saya

Selasa, 21 Februari 2023

Serunya Menanam Sendiri Bunga Celosia , Dapat dijadikan Bunga Kering lho

bunga Celosia /jengger ayam yang  tumbuh. beragam bentuk dan warnanya. https://berbagigagasan.blogspot.com




bunga  Celosia https://berbagigagasan.blogspot.com




 Pengalaman pribadi menanam bunga  Celosia. 

Tadinya putri saya hanya membeli 3 tanaman bunga Celosia di penjual bunga jalan Inspeksi PU , kelurahan Cipamokolan, Kec. Rancasari . Ternyata  entah kenapa  tanamannya tidak tumbuh dengan baik.Namun saya segera mengumpulkan bunganya yang warna kuning, merah  abai dan merah ati .Bunga yang sudah mengering ini saya simpan di sebuah wadah, tampak ada biji-biji halus warna hitam.

Nah biji biji inilah yang saya semaikan di pot-pot bunga. Di media tanam yang beli jadi dari penjual tanaman di Metro , kelurahan Manjahlega ,Kec. Rancasari. Lokasinya  pas di bawah jembatan penyeberangan , jalan Soekarno Hatta. Belakang shelter bus.

Langganan kami, Mang Iip melayani dengan ramah pembelian media tanam karungan Isinya sampuran antara kompos, tanah Lembang, sekam dan cocopeat. Biasanya kalau beli dalam jumlah besar ,Mang Iip akan langsung menghubungkan kami dengan bosnya Pak Candra. Seperti misalkan pembelian rumput gajah mini dan tanah hitam Lembang.

Ternyata dengan media tanam  siap pakai , tambah sekam bakar , benin-benih ini mulai bertumbuhan.

Tadaaaa, semakin besar, dan tinggi. Bunganya beragam warna, kuning, oranye, merah  cabai, merah hati (keunguan).  

Asalkan kena matahari yang penuh dan  siraman air  pagi sore, bunga Celosia ini bersemi indah. Hanya saja kadang perlu ditopang oleh bilah batang atau bambu , supaya tetap tegak  berdiri.Kadang bunga ini  tangkainya tak kuat menopang beratnya bunga .

Bahagianya saat menyaksikan pesona warna warni  bunga ini kala marak bersemi. 

Bunga indah ini dulunya berasal dari benua Afrika. Di Indonesia sering juga disebut Jengger Ayam.

Keistimewaan lain , keluarga bunga Celosia bisa dijadikan bunga kering.

Untuk menjadikannya bunga kering, dengan memotong bunganya rapih-rapih. Lalu susun tangkainya, ikat dengan tali, dan  menggantungnya terbalik  , biarkan sampai kering. 

Saya pribadi suka mewarnai dengan merebus bunga kering  bersama air wantex (pewarna tekstil) , lalu menjemurnya kembali (posisi terbalik , digantung). 

bunga  Celosia https://berbagigagasan.blogspot.com


Bunga-bunga Celosia ini sayangnya  masuk golongan bunga semusim. Jika sudah bersemi , dalam beberapa bulan akan menua dan  nantinya kurang bagus. Sebaiknya kumpilkan benihnya,  jika bunga sudah bersemi  dan dewasa, siapkan generasi berikutnya yang baru disemai. 




setelah disemai, banyak spesies baru dari bunga Celosia /jengger ayam yang  tumbuh. beragam bentuk dan warnanya. https://berbagigagasan.blogspot

Siap dikeringkan, bunga Celosia /jengger ayam , bentuknya jadi beragam. bunga  Celosia https://berbagigagasan.blogspot.com



bunga Celosia /jengger ayam yang  tumbuh. beragam bentuk dan warnanya. bunga  Celosia https://berbagigagasan.blogspot.com








.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar