Daftar Blog Saya

Selasa, 04 Maret 2014

MENGHIAS RUMAH DENGAN KERAJINAN TANGAN LIMBAH / BUNGA BUGENVIL


bugenvil, bersemi indah , taman jalan Venus Timur, Bandung.Jangan biarkan bunga indah berwarna semarak ini terbuang. Daripada menjadi sampah belaka, jadikan Kerajinan Tangan Daur Ulang Limbah dari bugenvil. Recycle Handicraft dari bugenvil.

bugenvil, bersemi indah , taman jalan Venus Timur, Bandung
Kala Bunga-bunga Bugenvil Bersemi




Warna warni bugenvil sangat variatif dan eksotis, membuat tatapan kagum betah berlama-lama memandangnya. Bugenvil  adalah jenis bunga yang rajin bersemi jika kemarau tiba, atau setelh berlama-lama kekeringan , saat disiram hujan akan langsung marak bersemi.

Jika bunga ini berguguran,  paling baik dijadikan kompos. Namun jika warna-warnanya masih cerah dapat  dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan.

Berbagai inspirasi mengolah bugenvil, Bougainvillea Creations)terbitan Gramedia Pustaka Utama
Warna-warnanya yang indah bisa bertahan sampai  sekitar 6 bulan hingga setahun. Sesudahnya akan menjadi kecoklatan. Akan tetapi akan tetap indah  tekstur dan bentuknya. 
Saya membuat berbagai kerajinan tangan penghias rumah, saat bugenvil di sekitar rumah saya marak bersemi.  Untuk lebih jelasnya saya membaca dari buku berikut ini, BERKREASI DENGAN BUGENVIL (Bougainvillea Creations)
, TERBITAN GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA (. Buku ini memberikan banyak inspirasi dan ide untuk mengolah bunga bugenvil.


Hasilnya , ini dia , berbagai kerajinan tangan limbah  (kertas, daun dan lainnya) yang saya tambahkan  dengan variasi bugenvil , makin cantik saja. Mulai dari  wadah cantik serbaguna sampai bros, dan magnet kulkas berbentuk bunga dari bugenvil.

bros dan magnet kulkas cantik, dari bunga bugenvil .Beautiful  Handicraft bougainvillea flower. Idenya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
bros dan magnet kulkas cantik, dari bunga bugenvil  Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers.Idenya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
bros dan magnet kulkas cantik, dari bunga bugenvil  .Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers.Ide dan cara membuatnya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)

Bros dan magnet kulkas cantik, dari bunga bugenvil  . Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers. Ide dan cara membuatnya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
bunga kering, terbuat dari bugenvil, bisa untuk hiasan, atau bros dan magnet kulkas cantik, dari bunga bugenvil . Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers. Ide dan cara membuatnya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
bunga kering terbuat dari bugenvil,  Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers. Ide dan cara membuatnya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)

Berikut ini berbagai karya dari bugenvil , mulai dari bunga , sampai pigura  berhias  bugenvil

Cantiknya bunga dari bugenvil, bugenvilnya mengambil dari taman perumahan Metro Soekarno Hatta Estate. Beautiful  Handicraft ,bougainvillea flowers. Ide dan cara pembuatan nya berdasarkan buku Terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
PIGURA. recycle handicraft,  newspaper, Beautiful  Handicraft , bougainvillea flowers, kerajinan  tangan daur ulang, koran (bekas), bunga bugenvil. Pigura ini terbuat dari karton bekas kemasan Pizza Hut BOG BOX , digunting membentuk pigura foto/lukisan. Permukaannya ditempeli dengan koran bekas yang sudah dipilin. Lalu diberi warna ungu. Setelah kering dihias dengan bunga bugenvil. Ide bugenvil ini terinspirasi buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)


Recycle Handicraft, Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers, beautiful Blind, Kerajinan tangan daur ulang, Bunga bugenvil, Tirai  cantik,. Dapat digunakan sebagai tirai sekaligus penghias jendela, atau bisa menjadi hiasan dinding.  Ide dan proses pembuatannya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
Recycle Handicraft.Styrofoam Disk, Grass Flower, Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers. Kerajinan Tangan daur ulang, Piring Styrofoam, bunga rumput kering, bunga bugenvil kering. Hiasan yang cantik, Bulir bunga rumput dan jengger ayam liar dikeringkan, direkatkan pada permukaan piring gabus/styrofoam bekas. Lau tengahnya ditempeli bunga bugenvil kering. Idenya dan inspirasinya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)



recycle handicraft, Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers, kerajinan tangan daur ulang, untuk wadah pensil. Idenya dan cara pembuatannya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)

Christmas wreaths , a gift to my  friend .  Beautiful  Handicraft bougainvillea flowers. Krans cantik hadiah buat teman yang natalan, saya buat dari bugenvil . Idenya dan cara-caranya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
recycle handicraft, kerajinan tangan daur ulang. Dari kardus bekas, yang dihiasi dengan bunga bugenvil kering dan daun kering. Untuk rendanya saya gunakan  sumbu kompor, yang harganya sangat murah meriah di pasar tradisionil. Untuk menyimpan buku dan majalah.
Christmas wreaths , a gift to my  fiend .  Beautiful  Handicraft, bougainvillea flowers. Krans cantik hadiah buat teman yang natalan, saya buat dari bugenvil . Idenya  dan cara-caranya berdasarkan buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Berkreasi dengan Bugenvil. (Bougainvillea Creations)
Recycle handicraft, Beautiful  Handicraft,its  frame  is made  by  paper pulp,   with   ornamens  bougainvillea flowers.  From Bandung, Indonesia. Hiasan dinding  limbah  bubur kertas , dan bunga bugenvil. Ini adalah karya recycle handicraft, kerajinan tangan daur ulang  prakarya dari limbah kertas dipadukan dengan herbarium daun kayu putih dan bunga-bunga  bugenvil  yang juga diproses seperti membuat  herbarium lebih dulu. Piguranya  dibuat dari limbah kertas HVS yang diolah dulu enjadi bubur kertas. Lalu diberi pewarna merah. Karya ini dibuat oleh anggota komunitas  seni dan daur ulang PKK RW 01 Metro Soekarno Hatta Estate, sebuah perumahan di kawasan Margahayu Raya Bandung Timur, letaknya di Kelurahan Manjahlega , dan Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.




6 komentar:

  1. Salam kenal mbak.. :)
    Saya lagi tertarik sama hias menghias nih.. Heehee.. Minta info dong kalau beli bunga2 kering atau biji saga buat hias itu d Bandung yang murah dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal lagi, bunga-bunga kering klo tdk salah ada dijual di tk buku singgalang (sy lupa alamatna, mungkin jln karapitan), di outlet rumah bagus (biasanya di grupnya Yogya Supermarket atau Griya) , atau toko Crayon di jalan Aceh, atau di Bonsai Interior di Metro Indah Mall.Klo biji saga saya suka ambil di pohon tetangga, atau pohon saga teman. Coba saja mungkin di Toko Crayon jln Aceh ada.

      Hapus
    2. BUNGA-BUNGA KERING DAN BIJI SAGA YANG BAGUS di kota Bandung , ternyata bisa dibeli juga di BALTOS BALUBUR JALAN TANAM SARI BANDUNG. Kemarin saya membelinya dengan kualitas bagus dan harga murah meriah di TOKO KULO , Pokoknya yang gemar bkin kerajinan tangan ternyata di toko ini lengkaaaap banget bahan-bahannya, murah dan pemiliknya baik banget, ramah. BIJI SAGA ADA LHO DI SINI, ANEKA BUNGA RUMPUT DAN KERING JUGA SANGAT VARIATIF.....

      Hapus
    3. Luar biasa, kreatif sekali. Ada no.contact yang bisa di hubungi ?

      Hapus
  2. tulis saja email anda. Komunitas kami berkumpul setiap selasa pagi jam 10 di ruang serba guna rw kami, di kota Bandung.

    BalasHapus