Daftar Blog Saya

Sabtu, 13 April 2013

Step by Step membuat kerajinan tangan limbah kertas (paper recycle ) yang dibuat jadi bubur kertas (paper pulp)

Bekas Kemasan Pringler (keripik kentang) menjadi wadah serba guna.
.


Buat bubur kertas.Lalu bubur kertas diberi pewarna makanan cair warna oranye, balurkan adonan hingga menutupi seluruh permukaan wadah bekas kemasan makanan tadi. Kemudian  haluskan dengan sendok makan. Untuk mmebuat hiasannya, buat bulatan-bulatan bola kecil. Rekatkan di permukaan secara merata, membentuk bunga. Untuk membuat garis-garis pada bunga gunakan garpu. Lalu jemur di bawah terik matahari.

step by step membuat bingkai  bundar dari limbah  kertas yang diolah menjadi bubur kertas
Membuat bingkai bundar cantik dari bubur kertas murah meriah. Caranya setelag bubur kertas dibuat, ambil kemasan mika plastik bentuk bundar (biasanya bekas kemasan sifon cake). Lalu adonan diratakan  hanya bagian pinggirnya saja, tengahnya biarkan berlubang, untuk memasang gambar. Tekan-tekan dengan sendok. Lalu jemur hingga kering di panas matahari. Jika udata terang dan panas, bisa kering dalam 2 hari. Tapi jika mendung mungkin bisa seminggu.
Tunggu sampai betul-betul kering, maka baru bisa dilepas dari cetakan. Jika masih basah, saat dilepas dari cetakan nantinya bis menjadi rusak.

step by step membuat bingkai bertekstur bunga dari limbah kertas bekas , setelah dibuat menjadi bubur kertas ..


Bubur kertas  direkatkan di permukaan plastik/formika bekas tatakan kue tart. Atau bisa juga beli di toko buku. Gunting berbentuk bingkai. Lakukan pengerjaan di atas selembar
plastik  lainnya sekalian saat menjemur. Karena jika menggunakan plastik, saat adonan bubur kertas mengering bisa dilepaskan dari plastiknya.
Ratakan adonan bubur kertas di permukaan plastik tatakan kue tadi. Lalu untuk membuat motif teksturnya gunakan cetakan kue kering. Lalu jemur sampai kering. Baru lepaskan dari plastiknya.  Bingkai siap digunakan.

step by step membuat bunga dari limbah kertas yang dibuat menjadi bubur kertas, bunga ini berguna untuk menghias  atau memberi variasi kerajinan tangan bubur kertas (flower from paper recycle)
YOU CAN READ  THIS BOOK,  KREASI DAUR ULANG, GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA....  Baca lebih banyak ide kerajinan tangan daur ulang dan kreatifitas  di buku ini, KREASI DAUR ULANG , karya Sri Anggani, Gramedia Pustaka Utama. Yuk beli di toko buku-toko buku online, atau di toko buku Gramedia, Gunung Agung, dan toko buku lainnya.
ide-ide kreatifitas daur ulang

untuk ide-ide kreatif, kerajinan tangan lainnya, , silahkan baca di buku ini, KREASI DAUR ULANG. Ada kreatifitas model lain untuk bubur kertas yang  ciamiiiik.  Plus berbagai cara kreasi lainnya..  Misalkan dari  kantong plastik keresek bekas, dan pengolahan rangka daun sirsak jadi wac bunga cuaaaaatiiiik . Buku  Kreasi Daur Ulang ini terbitan PT Gramedia Pustaka Utama . Dapat dibeli di seluruh Toko Buku Gramedia.


READ TOO/ BACA JUGA YUK TULISNA LAINNYA TENTANG KERAJINAN TANGAN DAUR ULANG , DAN STEP BY STEPNYA , ETC ETC :

kerajinan tikar pandan


KERAJINAN TANGAN DARI TIKAR PANDAN BERHIAS BUBUR KERTAS




GALLERI KERAJINAN DAUR ULANG LAINNYA



GALLERIES RECYCLE HANDICRAFTS , SOURSOP LEAFS, DAUN - DAUN SIRSAK, DIAMBIL RANGKANYA, JADIKAN KERAJINAN TANGAN CANTIK


SERUNYA NONTON KESENIAN RAKYAT DI KECAMATAN RANCASARI DALAM LANGKA PERINGATAN HUT KAA,  (FOLK PARTIY , FOLK DANCE ART, IN  BANDUNG,  WEST JAVA, INDONESIA. BEAUTIFUL DANCER FROM SUNDANESE CULTUR. ASIA AFRICAN COMEMMORATION APRIL 24TH , BANDUNG CITY, WEST JAVA, INDONESIA)





17 komentar:

  1. Ini Sudah Bagus^_^

    BalasHapus
  2. Tolong ditambahkan Alat dan bahan yang digunakan^_^

    BalasHapus
  3. alatnya, pakai sendok, atau blender (untuk menghaluskan kertas). bisa pakai setakan kue dari kaleng untuk motifnya. Atau utk cetakan pakai plastik mika. Bahannya, kertas yg sudah hancur jadi bubur diperas, pewarnanya pakai yg pwarna makanan, lemnya pakai Lem Fox putih, jadi deh adonan bubur kertas siap olah. Aalat lain untuk mencetak bunga (alasnya) pakai plastik fiber bekas alas kue tart.

    BalasHapus
  4. makasih banyak ya ka, buat tugas prawira untuk kelas xi

    BalasHapus
  5. Lem fox tu yg bgmn ya? Apa sm lem rajawali kh?

    BalasHapus
  6. lem FOX yang warna putih, suka disebut lem kayu atau lem PVC, warnanya putih, dijual di toko bangunan dan toko buku

    BalasHapus
  7. Mau nanya kak, itu KERTAS PUTIH di gambar ke 4 itu kertas apa ya ?
    pliss jawab

    BalasHapus
  8. kertas yang warnanya putih (HVS bekas, Buku tulis bekas,) bukan kertas koran
    Kalau kertas koran warnanya agak gelap. Tapi kalau kertas HVS bekas jika dihancurkan lebih putih dan jika diberi warna lebih cerah.

    BalasHapus
  9. terima kasih, sangat membantu untuk prakarya anak saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga buat Ika Damayanti, selalu sukses , salam

      Hapus
  10. Balasan
    1. terimakasih , thank you Mumtazia Af,untuk kunjungannya..... salam

      Hapus
  11. Ka.. kalo ga pake blender gimana caranya bikin bubur kertas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga sih, dihancurkan pakai tangan, tapi merendamnya butuh waktu lama biar tangan tidak bekerja terlalu keras. Hanya hasilnya kurang cantik gitu lho. Kecuali kalau bubur ketasnya hanya untuk menyelimuti kardus bisa juga

      Hapus