Daftar Blog Saya

Sabtu, 06 April 2013

Bingkai bubur kertas bentuk lingkaran, Bunga JIngga dari Bubur Kertas, Orange Flower Paper Pulp

HIASAN DINDING  BUNDAR WARNA CERAH DARI BUBUR KERTAS. Yang ini gunakan bubur kertas warna kuning, cetak di bekas kemasan (dari mika bening) bolu / chiffon cake , yang sering dijual di toko makanan. Ratakan di plastik tersebut adonan bubur kertas tipis dan merata  menggunakan sendok. Lalu jemur, keringkan, maka bisa dilepas dari cetakan tersebut.
Selanjutnya untuk membuat bunganya, gunakan bubur kertas oranye. Buat terpisah. Ambil selembar plastik  formika tebal bekas alas kue tart . Tapi bisa juga lembaran plastik mika bening biasa. Yang penting plastik lentur , supaya nanti saat kering bisa dilepas dari cetakan. Buat bulatan besar, kemudian tekan-tekan dan pipihkan secara tersusun  membentuk klopak bunga. Untuk tengah atau putiknya gunakan bubur kertas kuning. Untuk membuat tekstur garisnya gunakan garpu. Lantas keringkan. Caranya jemur sampai kering. Lepaskan dari cetakan. Rekatkan ke bingkai bundar kuning yang sudah jadi . GUnakan lem putih (FOX) untuk merekatkannya. Lalu belakangnya diberi tali, rekatkan dengan lem UHU dan bantu dengan tambahan selotip supaya kuat. Maka hiasan dinding  siap dipajang.
HIASAN PINTU  YANG BISA DIJADIKAN  MAGNET KULKAS. Yang ini caranya mirip dengan cara di atas. GUnakan plastik mika bekas kemasan makanan bentuk persegi panjang. Jadikan cetakan untuk bubur kertas. Jemur dan keringkan. Lalu untuk bunga dan daunnya, dibuat terpisah. Caranya seperti membuat bunga sebelumnya , tapi ukurannya sekecil mungkin. Cara membuat daun juga sama. Untuk membuat tekstur garisnya gunakan garpu. Rekatkan bunga dan daun serta bentuk potnya menggunakan lem putih. Jika sudah jadi alias sudah kering lemnya, pasang Magnet di belakangnya  2 atau 3, gunakan lem UHU supaya kuat. Atau pasang tali.
 Hiasan dinding ini caranya sama dengan yang berwarna cerah di atas (kuning). Hanya saja saat membuatnya bagian tengahnya dibiarkan kosong. Jadi saat kering ada lubang bagian tengahnya.
LUKISAN yang terpasang saya ambil dari hasil repro. Lalu saya cetak di bahan plastik spanduk.