Daftar Blog Saya

Senin, 08 April 2013

Vas Bunga Kering, untuk Bunga Rumput Kering, dari Kotak Bekas Max Creamer

Dus bekas kemasan isi ulang Max Creamer, bisa dijadikan vas. Tapi bukan untuk yang basah. Sebab kalau kena air bisa rusak. Caranya selimuti seluruh permukaan box bekas tersebut dengan menempeli daun-daun kering yang sudah diseterika, atau daun hasil herbarium  (disimpan di tengah buku sampai kering). Saya pakai daun bunga boegenville. Lalu untuk pinggiran atasnya saya hias dengan tali goni. Lilistkan dan rekatkan. Gunakan Lem Fox putih. Lalu hias dengan sekuntum bunga artifisial klobat jagung warna merah biar kontras. Untuk bunganya saya ambil bunga rumput  sebanyak mungkin yang sejenis. Lalu saya rebus dengan Wantex , ada yang merah, ungun, dan kuning. Jemur sampai kering di bawah sinar matahari.

Cara membuat KERAJINAN TANGAN DAUR ULANG DAUN KERING, dan KARDUS BEKAS SUSU

Vas bunga 
kardus bekas susu, 
berhiaskan daun-daun kering. 

1. Siapkan dus bekas krimer (MAX CREAMER).

2. Siapkan daun-daun kering. 

3. Siapkan lem FOX [utih, atau sering disebut lem kayu, atau lem pvc.

4. Untuk ornamen, bunga kolbat jagung warna merah tua menyala. 

Daun kering ada 2 macam. 

A. Daun kering yang dikeringkan dalam buku (dibuat herbarium dulu). Untuk contoh  yang fotonya terpampang, saya gunakan daun bunga bugenvil yang saya keringkan dalam buku kuning bekas petunjuk telepon. Karena kertasnya menyerap dan bukunya tebal. 

B. Daun kering yang berjatuhan di jalanan,  saya  pungut dan saya cuci bersih.  Biasanya yang bagus untuk diolah antara lain adalah daun nangka kering,. 

CARA MENGOLAH DAUN KERING
UNTUK DIJADIKAN KERAJINAN TANGAN

1. Kumpulkan daun kering. Cuci bersih. 

2.  Olah daun kering dengan cara merebusnya supaya nantinya awet. Tambahkan garam sedikit. Bisa juga rendam dulu  dalam air  rebusannya, dengan  tambahan pelembut cucian anti bakteri, (MOLTO ANTI BAKTERI, SOFTENER SO KLIN ANTI BAKTERI, dlsbnya).

3. Setelah airnya dingin, tiriskan dan jemur daun-daun kering tersebut sampai 1/2 kering.

4. Kemudian seterika daun-daun tersebut supaya rapih. 



5. Daun-daun kering siap di olah.


CARA MEMBUAT VAS KARDUS BEKAS
BERHIAS DAUN KERING
(step by step daur ulang kardus bekas dan daun kering)

1. . Poles permukaan luar kardus dengan  lem putih FOX, gunakan kuas sebagai alat bantu. Tapi ingat.  kuas yang sudah dipakai nantinya harus segera dicuci bersih dan direndam supaya bisa digunakan kembali. Poles lem mulai di satu sudut,  tempat akan menempeli daun saja.

Tempel  permukaan luar kardus dengan cara  step by step. Satu demi satu. sampai seluruh permukaan luar kardus bekas Max Creamer itu tertutupi. 

2. Supaya hasil akhirnya mengilap alias berkilau,  sapu seluruh permukaan daun kering dengan lem putih FOX (lem kayu Fox)  , gunakan kuas sebagai alat. Bisa juga menggunakan jari kita. Lalu keringkan,

Supaya hasil akhirnya mengilap alias berkilau,  sapu seluruh permukaan daun kering dengan lem putih


3. Hiaslah dengan bunga dari klobat jagung warna merah tua. Klobat jagung adalah kulit jagung yang direbus dengan pewarna, bsia pakai wantex. Lalu jemur , seterika. Gunting berbentuk kelopak bunga. Bagusnya pakai warna yang merah supaya kontras.

Vas Bunga Kering, untuk Bunga Rumput Kering, dari Kotak Bekas Max Creamer

Vas Bunga Kering, untuk Bunga Rumput Kering, dari Kotak Bekas Max Creamer


Vas Bunga Kering, kerajinan daur ulang kardus bekas, dan  daun kering, untuk Bunga Rumput Kering, dari Kotak Bekas Max Creamer


CARA MENGOLAH  /MENGAWETKAN BUNGA RUMPUT
(step by step mengawetkan atau mengolah bunga rumput menjadi  bunga rumput kering untuk kerajinan tangan) 

1. Petiki bunga-bunga rumput. Cuci,lalu  tangkai seperti kita mengikat jerami padi. Ikat seluruh tangkai dengan menggunakan  tali.

Saya menggunakan jenis rumput  AGERATUM CONYZOIDES , atau sering disebut rumput BANDOTAN.


AGERATUM CONYZOIDES, atau bunga rumput bandotan.  Jenis bunga rumput liar ini  bisa dikeringkan / diawetkan ,  untuk dijadikan karangan bunga kering yang cantik.  Caranya dengan merebusnya dengan pewarna dan mengeringkannya. 

AGERATUM CONYZOIDES, atau bunga rumput bandotan.  Jenis bunga rumput liar ini  bisa dikeringkan  untuk dijadikan karangan bunga kering yang cantik.  Caranya dengan merebusnya dengan pewarna dan mengeringkannya.

AGERATUM CONYZOIDES, atau bunga rumput bandotan yang sudah dikeringkan, dan diberi warna UNGU. .  Jenis bunga rumput liar  yang sudah dikeringkan  untuk dijadikan karangan bunga kering yang cantik.   

AGERATUM CONYZOIDES, atau bunga rumput bandotan yang sudah dikeringkan, dan diberi warna ORANYE.  Jenis bunga rumput liar  yang sudah dikeringkan  untuk dijadikan karangan bunga kering yang cantik.   

AGERATUM CONYZOIDES, atau bunga rumput bandotan yang sudah dikeringkan, dan diberi warna KUNING.  Jenis bunga rumput liar  yang sudah dikeringkan  untuk dijadikan karangan bunga kering yang cantik.   


2. Rebus dalam air mendidih yang sudah diberi  pewarna tekstil  dan sedikit garam supaya awet.

3. Tunggu airnya dingin. Kalau mau harum bisa , bisa tambahkan pelembut cucian anti bakteri, yang harumnya seusai selera.

4. Segera jemur di panas mentari, gunakan keranjang plastik berlubang saat menjemurnya , supaya airnya sempat menetes ke bawah.