Daftar Blog Saya

Senin, 27 Februari 2023

RESENSI BUKU SEJARAH KEBIJAKAN PERUMAHAN DI INDONESIA, ARIEF SABARUDDIN (E -BOOK ERLANGGA)

 








https://ebook.erlanggaonline.co.id/auth/info_product/detail/0075310040



Sinopsis

Sejarah Kebijakan Perumahan di Indonesia, Penerbit Erlangga (E Book) , Penulis: Arief Sabaruddin
Sejarah Kebijakan Perumahan di Indonesia adalah buku yang ditujukan bagi para pembaca yang berkeinginan untuk mengetahui maupun menggeluti perumahan dan permukiman, yang berlatar belakang unsur akademis, praktisi, dan pengambil kebijakan. 
Buku ini ditulis dengan tujuan agar pembaca dapat memahami perjalanan kebijakan perumahan dengan cepat melalui informasi catatan yang menjadi konsep setiap kebijakan ketika diterbitkan serta sejarah yang melatarbelakangi perumahan di Indonesia. 
Kupasan sejarah perumahan diuraikan berdasarkan urutan era sebelum masa kolonialisasi pemerintahan Hindia Belanda, dilanjutkan pada masa kemerdekaan melalui beberapa tahapan pembangunan, yakni masa Orde Lama, masa Orde Baru, dan masa Reformasi, serta diakhiri dengan kumpulan implementasi IPTEK di lapangan

Sejarah Kebijakan Perumahan di Indonesia, ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Arief Sabaruddin CES
Dalam bentuk E Book, membaca buku ini  lebih leluasa karena tampil dengan gambar-gambar dengan warna tajam dan menarik. Berbagai gambar dan bagan, memudahkan pembaca untuk memahami apa yang dipaparkan dalam buku ini. 

Dalam buku ini dipaparkan sejarah awal Kebijakan Perumahan di Indonesia. Ada berbagai latar belakang sejarah , semisal kondisi tahun 1920 an pola tata kota dengan konsep pendekatan hunian ala Eropa. Awal modernisasi kota-kota di Hindia Belanda ,tujuannya memberi fasilitas lebih bagi pendatang asal Eropa ke Hindia Belanda.
 
Perbaikan kampung bagi kalangan pribumipun sebenarnya bertujuan   untuk proteksi pengamanan bangsa Eropa.Perbaikan kampung menunjang kesehatan pribumi, agar tak menularkan wabah. Kala itu memang sedang  terjadi pandemi . 
Fakta lain yang tertuang dalam buku ini, tentang Yayasan Pusat Rekontruksi , yang dalam bahasa Belanda tertulis Centrale Stichting Wederopboouw (CSW). Yayasan ini berada   di sekitar Bulungan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sejarah yang diungkapkan di buku ini sangat menarik, karena  mengungkap banyak sekali fakta dari masa silam. 
Buku ini memuat sejarah awal kebijakan di Indonesia, pengembangan permukiman kota dan desa. Tentang penanganan permukiman kumuh di masa silam,cikal bakal Rusun Mahasiswa dan lain sebagainya. Termasuk di dalamnya  sejarah penanganan  kebencanaan di bidang perumahan. 

UNTUK PEMBELIAN  KLIK TAUTAN DI BAWAH INI :




Arief Sabaruddin, penulis buku ini  lebih dari 30 tahun  bekerja di Kementerian PUPR yang sebagian besar waktunya adalah   berkiprah di bidang Litbang  Perumahan dan Permukiman (Puskim, Balitbang Kementerian PUPR). Sebagai Peneliti Ahli Utama , yang membidangi perumahan, pengalaman dan penelitiannya  tidak hanya sebatas  literatur. Namun  langsung  terjun ke lapangan. 

September 2019 hingga akhir 2021, bertugas sebagai dirut  PPDPP, yang juga menyentuh perumahan , hanya saja lebih ke Pembiayaan dan subsidi rumah bagi  MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).

Sebagai seorang peneliti, ada sumbangsih mengajar di perguruan tinggi (Arsitektur Unpar Bandung). Baik sebagai dosen luar biasa, sempat juga menjadi pembimbing dan penguji,di Unpar maupun ITB untuk tingkat S2 dan S3. 

Pengalamannya sebagai arsitek lepas yang mendesain bangunan (rumah tinggal, hotel, villa, kantor, gedung pertemuan, bale kesenian, rumah susun, perumahan) dan terjun langsung ke lapangan saat proses pembangunannya, telah memberikan manfaat besar. Belajar dari banyak kasus di lapangan.

Pengalaman lain,  tinggal di hunian rumah tinggal subsidi KPR BTN dengan segala permasalahan sosial juga amat  berharga untuk menjadi landasan dalam membuat berbagai kebijakan. 

Arief Sabaruddin adalah Widya Iswara Utama Kementerian PUPR. Sebelumnya sebagai Peneliti Ahli Utama  yang pernah menjabat sebagai Kepala Puslitbang Permukiman ,Balitbang Kementerian PUPR. Juga sebagai Dirut  PPDPP. 

Sebagai peneliti , Arief Sabaruddin membagikan  keilmuannya di perguruan tinggi (Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung) sebagai dosen luar biasa. 

Sebagai peneliti, Arief Sabaruddin  Penemu Rumah Instan Sederhana Sehat  RISHA (2004) , juga  memiliki berbagai karya arsitektur . Pengalamannya selalu terjun langsung ke lapangan saat  proyek pembangunan rumah / hotel/ kantor/ perumahan  atau bangunan yang didesainnya. Beberapa kali membimbing dan menguji mahasiswa S3 di Unpar dan ITB.  

Pengalaman di bidang perumahan /bangunan yang juga diperoleh saat menjadi Kapuskim , ikut mewarnai buku ini. Termasuk pengalaman dalam menata kawasan kumuh di Petogogan (2013) dengan teknologi RISHA, juga di penataan kumuh  di Solo (Semanggi) 2019. 

Berkenaan dengan MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), serta pendanaan rumah bersubsidi, pengetahuan dan pemahaman diperoleh saat meenjabat sebagai Dirut PPDPP. Tentang perumahan bersubsidi. Untuk menertibkan  dan tata kelola yang lebih baik, maka Arief Sabaruddin menggagas Aplikasi Si Kasep , Si Kumbang dan Si Petruk. 

Pengalaman tinggal di perumahan KPR BTN yang bersubsidi dengan segala permasalahannya, telah memberikan wawasan luas bidang perumahan. Apa dan bagaimana sebaiknya. Ada berbagai masalah yang menjadi PR bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan. 

Simak juga yuk

Tulisan tulisan Arief Sabaruddin lainnya

 https://ariefsabaruddin.wordpress.com

https://kolom.kompas.com/4019/arief.sabaruddin 

#bukuAriefSabaruddin #bukuarsitektur #bukuarsitekturperkotaan #bukuarsitekturperumahan #bukusejarahperumahan #bukuerlangga  #bukuperguruantinggi #ebookerlangga #bukuteknik

#sejarahkebijakanperumahandiIIndonesia 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar