Daftar Blog Saya

Jumat, 05 Juni 2015

RESEP: Wortel Goreng yang lezat, Gado-gado wortel Goreng, (Recipes, fried carrots,spicy peanut sauce,gado-gado)

RESEP WORTEL GORENG


Wortel menghasilkan zat   lycopene  hanya jika sudah melewati proses dimasak.

Rasa wortel yang dikukus ,  direbus, dengan  yang digoreng , berbeda lho. Kalau digoreng rasanya lebih renyah dan ‘manis’, bau langunya juga hilang.
Memang banyak yang  kuatir kalau makan wortel yang digoreng ,  malah mengundang kolesterol. Menyiasatinya gampang kok, tinggal menggunakan saja margarin non kolesterol atau minyak non kolesterol, atau minyak jagung misalnya.


Hari ini saya memasak wortel goreng.  Bagi yang ingin wortelnya ada rasa pedas, bisa taburi dengan  merica. Atau ingin rasa asin, taburi garam meja halus.


Wortel goreng  membuatnya mudah sekali. Tinggal dicuci bersih. Sebenarnya saya kurang suka  wortel yang dikupas,  tapi salah satu anggota keluarga selalu  protes kalau wortelnya tidak dikupas tipis.Katanya takut ada telur cacing menempel. 

wortel goreng, berbagigagasan.blogspot.com






Nah, wortel gorengnya sudah matang. Bisa digado alias dimakan begitu saja. Kalau orang Sunda menyebutnya ditambul saja. Pakai saos pedas enak.




GADO-GADO WORTEL GORENG

Pagi ini saya ingin masak  yang bahannya ada saja di dapur. Pasalnya  belum sempat ke pasar dan tukang sayur tidak datang hari ini.


Di lemari saya kebetulan ada bumbu  gado-gado instan. Bumbu gado-gado ini saya potong kecil-kecil, masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Aduk sampai bumbunya  larut  dan hancur dalam air, Jangan terlalu lama, nanti gosong.
 
Daun bawang, saya ambil batang putihnya. Lalu saya tumis dengan sedikit minyak. Tahu Bandung  di kulkas saya goreng juga. Kemudian saya siapkan mentimun.


Bahan:
Wortel goreng
Tahu goreng, potong kecil
Mentimun, iris tipis
Daun bawang
Bumbu gado-gado instan (dijual di supermarket)

wortel goreng untuk  bahan gado-gado. Pakai  daun bawang yang ditumis, tahu Bandung goreng, mentimun. foto: berbagigagasan.blogspot.com

Semua bahan itu saya sajikan di mangkuk. Terakhir saya tuang saus  gado-gado yang sudah dilarutkan dalam air. Siap disantap .
 gado-gado wortel goreng, dengan tahu Bandung goreng yang gurih, mentimun segar, daun bawang  tumis (iris tipis) ... siarm sausnya...  foto: berbagigagasan.blogspot.com  Recipes, fried carrots,spicy peanut sauce,gado-gado)

Kalau dilengkapi  lontong atau ketupat dan kerupuk pasti lebih maknyus…….


2 komentar:

  1. Taunya wortel ini dikukus buat lalapan aja (selain disayur dan jus).Eh bisa digoreng juga.kayaknya wortel yang impor lebih muasin, ya, Bu. lebih gede eh tapi ga bakal 'kabrangsang' kan matengnya?

    BalasHapus
  2. rasanya malah lebh manis , mau yg impor atau yg lokal sama enaknya, kabrangsang teh naon fi..... Hatur nuhun udah mampir ke sini

    BalasHapus