Daftar Blog Saya

Selasa, 14 Mei 2019

Step By Step, cara membuat, Bunga Sabun dalam Bingkai /Pigura



Bunga sabun , dalam pigura , dalam bingkai...Harum Indah, untuk interior dan dekorasi rumah




Moms, dan crafter ...  mau bikin yang cantik seperti foto di atas ini?

Let's  Do It Your Self.....

Untuk home decoration, interior rumah, menghias ruangan, mengharumkan kamar...
Atau buat kado ...,  dan hadiah bagi  teman, sohib, ibunda.....

Yuk bebikinan dari bunga sabun lagi. Tapi kali ini bunga sabunnya dibuat imut , mungil, kecil-kecil. Caranya, sama dengan yang  besar.

Selain untuk menghias ruangan, bisa juga untuk mengharumkan meja kerja atau meja rias. Dalam jumlah banyak semerbak ruangan akan  menyegarkan.
Sudah tahu kan cara membuat bunga sabun. Sabun mandi batang (Shin Zui) , tepung maizena, air panas.

Step By Step Cara Membuat Bunga Sabun

Mulai dari memarut sabun (harus gunakan masker, karena serbuk sabun yang terparut  halus kerap beterbangan, kuatir merasuk pernafasan kita).

Tambahkan air panas lebih kurang 50 ml. Aduk dan uleni sampai  lembut. Tambahkan tepung maizena, saya sering gunakan 50 ml juga. Artinya saya gunakan sendok takar ada dalam bungkus deterjen/ sabun merk Attack.
Karena takaran tersebut lumayan pas. Uleni. Sampai adonan bisa dipulung. 
(by https://berbagigagasan.blogspot.com)

   Untuk membuat bunga mawar sabun ukuran mini,  saya suka membuat  bentuk seperti bentuk kue telor gabus , lalu saya tekan pipihkan, dan buat lingkaran membentuk mawar mini.

Buat sebanyak mungkin. Dengan aneka warna favorit. Diamkan selama 1 atau 2 hari, bunga akan mengeras. Simpan di toples, siap untuk dirangkai.

.. Daunnya, bisa print komputer  foto daun atau dari bungkus kado ,yang direkatkan di plastik mika bening, gunakan lem Fos putih, keringkan. Lalu gunting bentuk daun, panaskan di atas api lilin kecil, buat seperti Sospeso, dibentuk lengkung.

Catatan: untuk pewarna saya teteskan pewarna makanan cair.

Bunga sabun dirangkai dalam pigura/bingkai, untuk pengharum ruangan, souvenir, kado. Yuk bikin sendiri, do it your self


Cara Merangkainya.

Siapkan dulu kanvas dari karung goni bekas yang sudah dicuci bersih, keringkan, seterika, atau gunakan bahan goni siap yang sudah diolah.Siap pakai.

 Kalau bingkainya kita bisa membeli jadi di toko pigura. Saya pribadi pesan di kawasan jalan Cikutra Bandung. Jalan Simpang Pahlawan 3 , no 27. (Di Kantin Soto Banjar). Bisa juga di Jonas Foto (Jalan Progo Bandung) atau toko pigura lainnya, semisal Akbar Foto (Jalan Rancabolang , Bandung Timur)

 Bisa juga kita membuat bingkai bundar sendiri, dari piring plastik putih sekali pakai, yang ditempeli  tali katun atau tali kur putih, melingkar. Gunakan perekatnya Double Tape besar/lebar.

bunga sabun di atas piring plastik sekali pakai (bekas) dengan tali katun atau tali kur putih. Do it Your Self, 


Rekatkan bunga-bungaan dan daunnya menggunakan Lem UHU, atau Lem Tembak. (by https://berbagigagasan.blogspot.com). Sebetulnya bisa juga menggunakan lem putih , namun terlalu lama menunggu keringnya.

-   Setelah itu tambahkan dedaunan sesuai selera. Dedaunan bisa  dibuat juga dari adonan bunga sabun lho. Buatdengan cara mencetak di atas daun daun kecil sungguhan. Kalau kering cabut daunnya, jadi berbentuk daun.

-.  Untuk pemajangnya,  tempat  meletakkan di meja, saya membelinya di Mutiara Kitchen Bandung. Bisa juga di Borma. 

 
Berbagai pigura / bingkai bunga sabun, mudah membuatnya, cantik hasilnya, do it your self, soap flower. Bikin cantik ruangan, bikin harum semerbak.
Teks:
Bunga sabun dalam bingkai. Untuk pengharum ruangan, pewangi  udara... sekaligus menghias meja kerja, meja rias, atau juga kamar pengantin. Keren kan.

Bunga Sabun bisa untuk hiasan dinding, bingkainya bikin sendiri yuk.Dari Recycle Craft

Bingkainya recycle craft dari tutupKemasan Es Krim Walls, ditutup goni. Bunganya sabun yang harum semerbak, do it your self.... Handmade craft , kerajinan tangan bunga sabun. Untuk Hiasan Dinding. Atau Hiasan meja. Untuk souvenir.

Bisa juga   Klik di bawah ini ,  step by step  cara membuat bunga sabun klik di bawah ini



Daun bunga sabun, dapat dibuat seperti foto ini. dicetak dengan daun sungguhan


Kerajinan Bunga sabun, handmade flowers, Soap Flower, Kriya cantik, Kriya Bandung, souvenir Bandung,beautiful flower, craft flower, handmade craft , bunga sabun kerajinan tangan. Do It Your Self. How to Make Soap Flower, Hanmade Soap Flower, Indonesian Art , Recycle craft Pigura 


1 komentar: