Daftar Blog Saya

Minggu, 01 September 2019

Tutorial Cara Membuat Craft Handmade , Talenan Berhias Daun Kering , untuk menggantung kunci



Talenan  ini  adalah talenan bekas, karya saya tahun 2003 an, pernah dimuat di Pikiran Rakyat Minggu. Warna putihnya kertas HVS , bukan cat. Hiasannya, pelepah pohon kelapa, dengan taburan daun kering, yang dipoles lem putih sehingga mengilap. Tengahnya bunga kering dan biji saga.https://berbagigagasan.blogspot.com


Step By Step, Tutorial Cara Membuat Hiasan Dinding (Wall Hanging Handmade Craft , Handycraft ) dari talenan bekas , dan daun-daun kering, serta bunga kering.

Bahan dan alat:

Talenan bekas
Kertas HVS Putih
Daun-daun kering, rebus, lalu seterika setelah kering.
Pelepah pohon Kelapa atau palem
BUnga jengger ayam kering yang sudah  diberi warna kuning
Bunga kering sawah warna coklat  bulat
Biji saga
Kuas
Lem Fox putih
Lem UHU
Palu
Paku besar atau hook logam , untuk menggantung kunci

Cara Membuat

1. Rekatkan kertas putih HVS (cetak dulu sesuai bentuk talenan, lalu gunting rapih sesuai pola talenan) di permukaan talenan. Gunakan Lem Putih Fox, dengan cara poles dulu permukaan talenan dengan lem, gunakan kuas, lalu ratakan dengan karton bekas. Baru tempel kertasnya, rapikan dengan karton bekas. 

2. . Gunting persegi pelepah batang kelapa ukuran disesuaikan , nantinya  untuk dipajang di tengah talenan. Lalu ambil daun kering, gunting belah 2. Susun dan tempel di pinggiran pelepah. Lalu rekatkan dengan lem UHU. Keringkan , lalu gunting rapikan pinggirannya. Rekatkan di tengah talenan, gunakan lem UHU. Tambahkan ornamen bebungaan kering , biji saga, rekatkan menggunakan lem UHUPoles permukaannya dengan lem putih (setelah kering akan mengkilap). Lalu bisa tambahkan vernis  semprot  di seluruh permukaannya, supaya lebih berkilau.  


3.Hias bagian lehar atasnya dengan guntingan  daun yang lebih kecil , bunga kering dan biji saga. Pasang paku untuk cantolan kunci, paku dengan menggunakan palu.

Sudah jadi , tempat gantung-gantung kunci. Bisa dipajang di dinding, sebagai hiasan dinding yang berguna untuk menyimpan kunci.

CRaft Handmade yang saya buat dan saya tulis ini ,  adalah produk tahun 2002 an, dan  pernah dimuat di Media Cetak , Pikiran Rakyat Minggu sekitar tahun 2002  atau 2003an. Atau 2004, saya agak lupa tuh. Saat itu  redakturnya  Mbak Manis  dan bageur, Ibu Ella Yunia Perdani .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar