Daftar Blog Saya

Kamis, 01 Oktober 2015

Work Shop : Membuat Aplikasi Mobile Tanpa Kemampuan Coding, Id Geek Girls, Microsoft di Co&Co Space Bandung

Cara Gampang
Membuat Aplikasi Mobile
Tanpa Kemampuan Coding


Ini dia sekilas ringkas  paparan . Ajang  pelatihan gratis  pertama  di Bandung khusus bagi  52 perempuan di Café Co & Co Space (lihat box di bawah)  yang melibatkan teknologi  baru dari Microsoft. Utamanya penting  bagi  para blogger dan  mereka yang bergerak di dunia Start Up dan  di bidang  penulisan dunia maya, serta para free lancer .

Kenapa disebut Ten to Ten (10 ke 10). Pasalnya Work shop alias  pelatihan ini berlangsung dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Di ruang cozy dan nyaman, pelatihan perdana bagi para ‘srikandi’   yang dikelola oleh Id Geek Girls  yang terpusat di Bandung. Untuk mencari tahu tentang Id Geek Girls, silahkan cari tahu tautannya pada BOX di halaman bawah.



Ada 52 kawula perempuan yang  proaktif terhadap pesatnya teknologi. Diusung oleh MICROSOFT dan  sponsor lain seperti ALLEGRA  yang bakal mencetak foto-foto  secara instan , hasil unggah peserta lewat akun twitter mereka.


Percaya atau tidak, 52 orang ini ada yang pelajar baru lulus SMA, ada mahasiswi, ada karyawati, ada ibu rumah tangga yang bawa bayi segala , ada juga yang sudah  lulusan paska sarjana dan punya cucu lho, itu Bunda Intan. Yang  semangatnya masih  belia. 

Ternyata  tidak dinyana ya, para perempuan ini  mahir dalam tekonologi yang biasanya lebih digandrungi kaum  pria.  Makanya saya lebih suka menyebutnya para Srikandi yang kreatif.

Surprise Teknologi

Pagi itu  Sabtu pagi tanggal 26 September , Susanti Hara , mengajak  saya untuk hadir di acara langka ini. Kebetulan sekali,  tumben, hari itu  saya bebas dari ‘acara’ rutin Sabtu Minggu.

Saking gembira dan semangatnya, saya salah bawa laptop, tidak dilihat dulu isinya. Hanya lihat tasnya, dan baru nyadar kalau  yang saya bawa bukan laptop sendiri.

 Tapi tidak apa-apa,  karena baru nyadar setelah jauh dari rumah. Hampir-hampir saya terlambat. Pasalnya  ada kemacetan di ruas jalan yang saya  tempuh.

Begitu masuk langsung daftar ulang, mendapat goodie bag yang isinya jaket keren. Sudah emak-emak begini, tidak apalah sekali-kali  pakai jaket anak muda.




Sumber foto: Id Geek Girls, Sissy. Atas : Hadiah. Tengah : foto terbaik yg diunggah via twitter, karya Rani Rano (ceritaperut.com) . Bawah, Mbak Valen yang cantik semampai dan ramah, bersama rekan panitia dari IdGeekGirls. 


Begitu duduk,  Mbak Valen yang cantik semampai menyambut saya. Menyampaikan sapaan manis dan  beberapa  informasi.

Saya duduk di salah satu meja Co&Co Space semacam café dengan suasana  nyaman . Ada wifi gratis dan berbagai pelatihan  bagi para freelancer, dan yang  bergerak di  bidang per Start Up an, seperti kami-kami ini.

Desain ruangnya sangat memungkinkan kami kerja berkelompok, belajar dan transfer  ilmu . Ada lampu-lampu , layar infokus dan layar  video yang cukup jelas.

Suasana belajar dan latihan, di tengah workshop, nyaman dan efektif, worksho Ten to Ten  (10 to 10) di Co & co Space,  sejenis cafe dan ruang workshop (di lantai atas) , dengan wifi, jalan Dipatiukur 5 Bandung. Diselenggarakan Id Geek Girls dengan dukungan  Microsoft. Pesertanya 52 semua perempuan dari segala umur dan kalangan

Aplikasi Mobile Keren , yang  Mudah di Gunakan



Mulailah  Kang Yugie Nugraha dari Microsoft memperkenalkan aplikasi  mumpuni  yang gampang menggunakannya. Yang bisa kita download.

Bayangkan saja, tampilan blog, you tube, FB, etc etc yang  kita punya bakalan terorganisisr secara rapih dan  cantik  , sesuai kreatifitas selera kita. Plus  desain template dan  kita bisa berkreasi  seluas samudera. Membuat tema apa saja. Hasilnya adalah tampilan keren di  smartphone, ada juga versi tablet, dan versi PC.

Seru, tanpa keterampilan coding yang memang  rada njelimet, kita bisa melakukannya seperti yang dilakukan  mereka yang  terampil coding,
 



Nanti setelah makan siang , kami yang dibagi dalam 11 kelompok  mulai mempraktekkan apa yang tadi dijelaskan.

Bakalan dilombakan, dan hadiah yang berjibum menanti  kami semua. Waaaah, benar-benar rejeki nomplok. Sudah memperoleh ilmu gratis 

Bukan  hanya ilmu yang kita dapat secara GRATIS. Tapi hujan hadiah, makan siang  dan malam  dengan menu istimewa,  juga snack  pagi dan sore hari.

Makan siang dan snack  di tengah workshop, nyaman dan efektif, worksho Ten to Ten  (10 to 10) di Co & co Space,  sejenis cafe dan ruang workshop (di lantai atas) , dengan wifi, jalan Dipatiukur 5 Bandung. Diselenggarakan Id Geek Girls dengan dukungan  Microsoft. Pesertanya 52 semua perempuan dari segala umur dan kalangan. 

MANFAATKAN: http://appstudio.windows.com

Mulai praktek  . Karena saya bergabung dengan Rani , itu lho empunya ceritaperut.com,   kegaptekan saya tertolong.  Rani cepat memahami instruksi pelatih.

Hadir juga para pemandu , mereka para belia  potensial  dari berbagai perguruan tinggi, yang terpilih untuk membantu kami.



 Siapkan dulu Konten
  1. Blog
  2. Foto.
  3. Video
  4. Desain Services Publisher

Blog dengan wordpress  , adalah  blog yang  tepat untuk digunakan  dalam  aplikasi ini. RSS feed yang biasa dikonsumsi oleh d studio. Otomatis akan membuat feed dari rss muncul dengan sendirinya.

Dan  perangkat komputer yang kita  gunakan , kudu  sudah terinstall   Windows 10.



Contoh soal nih, kita ingin memasukkan konten  blog. Misalkan kita buat dulu blog Wordpress. Setelah kita buka http://appstudio.windows.com  , kita harus buat dulu akun microsoft. Caranya buat dulu. Buat dulu email nya. Login yang digunakan, bukan aplikasinya.
Masukkan email  dan seterusnya saat sign in.

Klik: start with this one: create this. Ini adalah halaman kerja , kita bisa  ad content dan add themes. Di bawahnya ada konten-konten yang bisa digunakan.
Klik RSS, pop up section name, kategorinya  apa. Section name : Blog.

Di bawahnya ada tulisan  Data Configuration,
Buat blog dalam bentuk wordpress. Ada Rss nya otomatis. Data handphone harus diubah dulu: data configurasi . Copy urlnya, lalu yang http:// ganti dengan rss id geek girls.com/feed.

Next klik confirm. Klik refresh, more preview. Biar lebih keren lagi, klik tablet atau gambar handphone. Close dulu, kita sudah punya konten.

Kita sudah punya satu conten, yakni blognya Id Geek Girls.

Lalu bagaimana kalau kita inginn memasukkan konten youtube?
Ya banyak konten bisa kita masukkan, seperti intagram, blog (baiknya Wordpress ya) , you tube, bahkan juga FB.

Untuk instagram, Klik instagram, masukkan API keys. Misalkan kita beri nama insta Geek Girls. Ada yang nama API keys, maksudnya menggunakan service instagram.
Yang menjadi prasyarat kita tidak bisa sembarangan akses data privacy. Instagram membuat data API keys . Jadi , ibaratnya, kalau kita mau ambil barang dari satu locker, akan ketahuan siapa saja yang sudah mengambil.
Klik di bagian create new API keys, dia akan mmebuka halaman baru.

Lalu akan tampil halaman dashboard. Create maintain instagram. Login dengan akun instagram masing-masing.

Masukkan saja blog masing-masing, Web site, field, semua harus diisi dulu. Untuk yang halaman sign up pastikan  sudah masuk dulu. Isi semua formnya. Akan ada tulisan Hello Developer.
Kita perlu meregistrasi  aplikasinya. Klik reg app.


REGISTER NEW CLIENT
Description diisi dengan alamat webnya , gunakan dulu misalkan id geek girls.com. App name. masukkan email masing-masing. Lalu isi captchanya. Klil register.
MANAGE CLIENT
Setelah dapat client id, segera copy, paste ke yang ada tulisan client ID di Pop Up , klik validate.

Add instagram section. Balik lagi  ke konten add instagram section, lalu direfresh, akan ditambahkan otomatis API keysnya, langsung keluarlah  misalkan Id Geek Girls _ intagram.

Tunggu dulu….

Maaf ya terusannya bla bla bla….

Waduh, kalau saya tulis semua panjang sekali…..  Bisa berhalaman-halaman. Aslinya lebih baik kalau praktek langsung.  …Tutorialnya mendingan yang tatap muka…. Lebih  mudah transfer keterampilan ilmunya dan tokcer dalam menerapkannya.


Lomba dan Para Pemenangnya

Benar-benar   bikin geleng kepala. Kreatifitas kaum perempuan ini  . Meski harus berkutat selama 12 jam,  jeda sedikit waktu hanya untuk makan siang.  Saking penasarannya untuk bikin aplikasi.

Mbak Rani (blogger), Mbak Sissy (blogger dan  dari Id Geek Girls) , Pak Antonius (Microsoft) para juri di WorkShop Ten to Ten , pesertanya 52 , semua perempuan, Sabtu 26 September 2015, di Co&Co  Space, Jalan Dipatiukur 5, Bandung. 


Mbak Sissy, ibu muda cantik yang sangat enerjik ini sebagai dewan juri dari Id Geek Girls.  Ada Rani juri yang mewakili kalangan blogger. Dan Pak Antonius dari Microsoft.

Setelah  usai penjurian,  para peserta masing-masing menampilkan  karyanya. Untuk jelasnya bisa baca : Liputan 10to10 Female of the Future, Workshop Membuat Aplikasi Mobile Tanpa Coding

http://idgeekgirls.com/liputan-10to10-female-of-the-future

Hadiahnya keren habis. Senilai puluhan juta rupiah lho

sumber web sitenya  Id Geek Girls 

























Bagi Anda yang tertarik untuk menghadirkan Jepret Allegra di lokasi bisnis atau event, silakan hubungi Helmi di 085323500085 atau via email di jepret@dycode.com





CO&CO Space 
Ruang Kerja Bersama
Alamat: No.5, Jl. Dipatiukur, Jawa Barat
sumber co&co facade foto
Telepon:(022) 2534426
Jam:
Hari ini buka · 09.00–21.00





4 komentar:

  1. Wih keren harus dicoba juga nih, kebetulan saya pake wordpress :D

    BalasHapus
  2. Pengen ih ikutan acara ini. Apa daya, bentrok dan ga bisa mengkloning diri :) hehehe.... Asik ya,keren banget acara ini.

    BalasHapus
  3. iyah sayang banget Neng. Seru acaranya. Kalau Neng Efi ikut dijamin menang tuh kometisinya..... ari saya mah waduh..... udah bisa ikut aja udah bersyukur... kayaknya sy harus biikin dulu wrdpress dan diupgrade dulu kaptop tua saya ya...hihihi....wilujeung Neng Efi yang cantik... nuhun mampir ke sini

    BalasHapus