Daftar Blog Saya

Selasa, 18 Februari 2014

Menghias rumah dengan kerajinan tangan limbah,RECYCLE HANDICRAFT , FLOWERS, PAPER PULP. Kerajinan tangan daur ulang, bunga-bunga, bubur kertas



INTERIOR RUMAH BERHIAS BAHAN DAUR ULANG SERBA BUNGA


            Interior rumah yang berhias daur ulang ? Kenapa tidak. Peralatan dari bahan daur ulang kertas dan hiasannya dindingnya , hasilnya bagus. Selain mengurangi sampah,  juga memperindah  rumah.
recycle handicraft, paper pulp flowers,  kerajinan tangan daur ulang , dari tutup kardus kemasan kurma, bunga-bunga bubur kertas. UNTUK HIASAN DINDING. Selain itu juga cantik dan elegance jika dijadikan souvenir.


Foto di atas adalah tutup kardus bekas kemasan kurma. Permukaannya saya balut dengan bubur kertas putih, lalu dikeringkan. Selanjutnya  saya tambahkan hiasan bunga-bungaan dari  bubur kertas. Simak tulisan  dalam blog ini tahun 2013, dimana saya menjelaskan cara membuat bunga dari bubur kertas. Untuk daunnya tinggal menggunakan daun asli sebagai cetakan, rekatkan bubur kertas hijau  ke permukaan daun, setelah kering bubur kertas dilepaskan dari daun, akan membentuk daun sungguhan.
Tata letak bunga sesuai selera. Lalu rekatkan bunga dan daun menggunakan lem FOX  putih . Keringkan. Jika ingin mengkilap , polesi permukaan  bunga-bunga dan  dasarnya dengan lem yang sama. Keringkan.

recycle handicraft, tetra pack, paper pulp flowers,  kerajinan tanga daur ulang , kemasan tetra pak(bekas buavita, susu ultra, hydrococo, teh kotak) , bunga-bunga bubur kertas. UNTUK TEMPAT ALAT TULIS DLL

Gambar di atas adalah tempat-tempat menyimpan pensil/alat tulis/ peralatan  serba guna. Dibuat dari bekas  kemasan tetra seperti  bekas susu ultra, buavita, hydro coco, teh kotak, dan lain sebagainya. Potong bagian atasnya, cuci bersih dan keringkan. Permukan luarnya dilumuri dengan  bubur kertas dengan warna kesukaan. Keringkan. Lalu  hias dengan bunga-bunga dan daun bubur kertas. Cantik bukan?



recycle handicraft, newspaper, paper pulp flowers,  kerajinan tanga daur ulang , kertas koran , bunga-bunga bubur kertas UNTUK TEMPAT ALAT TULIS DAN YANG LAINNYA. Karya salah seorang anggota komunitas daur ulang di Bandung

Selanjutnya  adalah wadah serba guna dari kemasan tetra buavita besar dan kecil  (kanan) yang dibalut menggunakan pilinan kertas koran. Ada juga  pilinan kertas koran bekas yangdicetak menggunakan wadah plastik. Lalu dicat menggunakan warna coklat tua. Catnya dari campuran Lem Fox Putih , diberi sedikit air dan perwarna makanan coklat. Warnai dengan bantuan kuas.  Setelah kering hias dengan bunga-bungaan dari bubur kertas.  Dalam blog ini saya pernah menuliskannya (2013). 
Di sebelah kiri adalah tabung bekas pringler atau mr poatetoes (keripik kentang) yang dililit dengan  pilinan koran bekas diberi warna hijau muda , ditempeli bunga dari bubur kertas. 

UNTUK MEMBUAT BUNGA-BUNGA , LIHAT TULISAN dalam blog ini DI BULAN APRIL 2013

http://berbagigagasan.blogspot.com/2013/04/step-by-step-membuat-kerajinan-tangan.

 Berikut ini ada berbagai foto lainnya. Semoga saja mampu menginspirasi.

recycle handicraft, paper pulp flowers,  kerajinan tangan daur ulang , dari karton  kardus dilumuri bubur kertas,dikeringkan, dihiasi dengan  bunga-bunga bubur kertas. UNTUK HIASAN DINDING. Selain itu juga cantik dan elegance jika dijadikan souvenir. Dibuat oleh anggota KOMUNITAS DAUR ULANG, PKK RW 01 , KELURAHAN MANJAHLEGA, KECAMATAN RANCASARI, KOTA BANDUNG.
recycle handicraft, paper pulp flowers,  prakarya / kerajinan tangan daur ulang , dari bubur kertas dicetak dalam cetakan bundar/plastik bekas bolu, lalu dihiasi dengan  bunga-bunga bubur kertas. UNTUK HIASAN DINDING. Selain itu juga cantik dan elegance jika dijadikan souvenir. Dibuat oleh anggota KOMUNITAS DAUR ULANG, PKK RW 01 , KELURAHAN MANJAHLEGA, KECAMATAN RANCASARI, KOTA BANDUNG.

recycle handicraft, newspaper, paper pulp flowers,  prakarya / kerajinan tangan daur ulang , dari koran bekas dipilin, diwarnai, di atasnya dihiasi bunga-bunga bubur kertas. UNTUK HIASAN MAGNET KULKAS. Selain itu juga cantik dan elegance jika dijadikan souvenir.Dibuat oleh anggota KOMUNITAS DAUR ULANG, PKK RW 01 , KELURAHAN MANJAHLEGA, KECAMATAN RANCASARI, KOTA BANDUNG.

recycle handicraft, paper pulp flowers,  kerajinan tangan daur ulang , dari karton bekas, dibalut bubur kertas, dihiasi bunga-bunga bubur kertas. UNTUK HIASAN DINDING. Selain itu juga cantik dan elegance jika dijadikan souvenir. Dibuat oleh anggota KOMUNITAS DAUR ULANG, PKK RW 01 , KELURAHAN MANJAHLEGA, KECAMATAN RANCASARI, KOTA BANDUNG.


Komunitas Daur Ulang  RW 01 Kelurahan Manjahlega , berkumpul di ruang serbaguna RW 01 Metro, Bale Sawala, setiap Selasa  pagi mulai jam 10. hingga selesai. Lalu bersama-sama membuat kerajinan tangan . Kerajinan tangan utamanya yang dibuat berbahan  limbah.
Saat bersama-sama membuat karya, saling menginspirasi dan berbagi pengalaman,  karya-karya indah dan cantik akan mengalir. Mengurangi sampah, mempercantik interior. Juga mempercantik diri, saat membuat  tas cantik dari bahan keresek bekas. Di bawah ini foto-foto saat pameran.

Pameran karya Daur Ulang , PKK Kelurahan Manjahlega,  Hari Ibu di Gedung GOW KOta Bandung 27 Des 2013

Pameran karya Daur Ulang , PKK Kelurahan Manjahlega,  Hari Ibu di Gedung GOW KOta Bandung 27 Des 2013

Pameran karya Daur Ulang , PKK Kelurahan Manjahlega,  Hari Ibu di Gedung GOW KOta Bandung 27 Des 2013
Buku KREASI DAUR ULANG , terbitan Gramedia Pustaka Utama (karangan Sri Anggani) . Isinya  menampilkan  STEP BY STEP RECYCLE HANDICRAFT , cara membuat berbagai kerajinan tangan daur ulang . Ada yang terbuat dari rangka daun sirsak, dari kertas HVS bekas, dari kardus bekas, dari kantong keresek bekas, botol plastik bekas...  Buruan beli ya di Toko Buku Gramedia.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar