Daftar Blog Saya

Senin, 08 April 2013

Talenan Bekas berhias Daun Kering dan Bunga Kering untuk Handycraft Gantung Kunci/kalung

Talenan bekas  dari kayu ini sudah jamuran tadinya. Tapi sayang kalau dibuang. Makanya saya cuci dan jemur di panas mentari. Lalu permukaannya saya rekatkan dengan kertas HVS putih. Untuk hiasannya saya buat di kertas terpisah, kelopak batang pohon kelapa, yang pinggirannya  saya rekatkan daun nangka kering yang sudah diseterika. Tengahnya bunga rumput/ilalang/belukar warna coklat tua. Saya tambahkan biji saga merah. Pinggirannya saya gunting rapi, baru rekatkan di tengah talenan. Bagian atasnya ada juring bawang putih yang sudah direbus dan dijemur kering. Paling atas itu bunga ilalang coklat, biji saga merah, daun nangka, jengger ayam liar yang diberiwarna kuning lewat proses rebus dan jemur. Kerajinan tangan ini pernah dimuat Pikiran Rakyat Minggu tahun 1990an.