Daftar Blog Saya

Senin, 08 April 2013

BEAUTIFUL HEART FRAME, RECYCLE CRAFT, GRASS FLOWER, Pigura Heart, dari Bunga rumput kering dan manik-manik Bekas Aromaterapi Merk Putri

Pigura ini buatan saya tahun 2000 atau 2001, saya rada lupa. Yang saya ingat saat itu di Bandung Timur  persawahannya masih luas. Sehingga saya bebas berburu aneka jenis bunga rumput. Ternyata bunga rumput itu bagus-bagus sekali. Tahun 1980an saya pernah menulis rubrik ide di Majalah Gadis berjudul pesona Bunga Rumput. Terus terang saya memang terpesona oleh keindahan bunga rumput ini. Bentuknya sangat variatif. Kalau sudah direbus dan diberi warna, atau tanpa warna, lalu dikeringkan bisa menjadi handycraft yang teramat indah. Tapi ada jenis bunga rumput yang pengeringannya tidak boleh direbus, sebab bisa rontok bulir indahnya. Bunga rumout kering ini saya aduk  jadi satu dengan lem Fox Putih, lalu rekatkan di oermukaan karton bekas yang sudah digunting bentuk hati. Boleh ditambah dengan yang  bentuk bunganya kita suka. Saya pilih nuansa kuning. Kemudian saya tambahkan aksentuasi manik-manik besar dari bekas kemasan Putri Shake Cologne Aromaterapi , produk Mustika Ratu, warna kuning /jingga (Refreshing).

Tahun 1980 an, tulisan pendek saya dimuat di majalah Gadis. Tentang  pesona bunga rumput. Bahwa bunga rumput dapat menjadi bahan  pajangan yang  cantk. Sejak kecil saya memang sudah suka mengumpulkan aneka jenis bunga rumput. Lalu memajangnya di vas bunga. Untuk memmberinya warna saya gunakan wantex  saat merebusnya. Bisa juga air kunyit. Ada cara lain mewarnai secara alami, air  sabut kelapa  bisa memberi warna alami merah. Sayang harus dua kali kerja, setelah direbus, disaring dulu supaya tidak kotor.

Bahan dan Alat:

1. Karton bekas kardus mie dan lain-lain (warna coklat). Gunting  persegi 2 lembar sama besar. Salah satunya dilubangi  bentuk hati. Gambar dulu dengan sketsa hati, buat lubang kecil dengan gunting, lalu gunting.

2. Lem FOX putih, sering disebut lem PVC atau lem kayu.

3. Manik-manik   bentuk  bundar . Saya menggunakan manik-manik yang ada di dalam botol bekas SHAKE COLOGNE AROMATERAPI MERK  PUTERI , keluaran Mustika Ratu. Saya pilih yang warnanya kuning.

4. Bunga-bunga rumput. Saya gunakan bunga rumput dari perswahan yang saya buru di kawasan Riung Gede, Perumahan Riung Bandung,  dekat Gede Bage Selatan, Bandung Tmur.


Ini dia  jenis bunga rumput yang saya gunakan untuk membuat frame ini.
bunga rumput untuk  kerajinan tangan, sering tumbuh di sawah-sawah di antara tanaman padi yang sedang  siap panen. Jenis bnga rumput ini jangan direbus, karena bisa rontok bulirnya. Untuk mengawetkannya cukup cucui bersih  (jangan dikucek) dengan air  deterjen lalu bilas, dan jemur sampai kering.  Akan awet dengan sendirinya



ini bunga rumput  yang sering tumbuh di pinggiran /pematang sawah. Untuk mengawetkannya perlu direbus, dapat diberi pewarna.  Saya beri pewarna kuning untuk kerajinan tangan  frame ini.


CARA MEMBUAT:

1. Poles permukaan  dasar frame yang berlubang bentuk hati tengahnya. dengan  bunga-bunga rumput menggunakan  lem FOX PUTIH.

2. Keringkan dulu.

3. Lapisi kembali  dengan  lem putih supaya kuat dan berkilau. Baru tempeli  manik-manik kuningnya.

4. Untuk belakangnya bisa dipasang tali gantungan. Bisa juga saat memajangnya  gunakan  plastik pemajang foto di meja. Di Bandung, saya membeli pemajang tersebut d Mutiara Kitchen.