Daftar Blog Saya

Selasa, 09 April 2013

BUNGA RUMPUT , CARA MEMBUAT BUNGA KERING ALAMI


BUNGA ILALANG, BAHAN BUNGA KERING YANG INDAH DAN MUDAH

Tahukan  kamu, bahwa bunga-bunga rumput itu bisa dikeringkan? Betul, bunga kering dari bunga rumput. Yuk kita cari tahu , jenis-jenis bunga rumput apa saja sih yang bisa kita olah jadi bebungaan yang cantik dalam vas bunga? 

Nah ini alang-alang  yang saya petik dair kawasan Gede Bage Bandung , sebelum ada Perumahan Bumi Adipura Tahap 4 dan seterusnya. Waktu itu lahannya masih  dalam bentuk sawah, belukar dan kebun. 

Jenis bunga rumput yang satu ini (lihat foto di bawah) , tidak memerlukan proses khusus. Saya menggunakan cara yang alami saja.

Petik yang masih terbilang muda, maka bunga rumput ini akan awet . Saya merangkainya dalam vas daur ulang. Kotak mika plastik tembus pandang ini bekas kemasan  mainan anak. Bentuknya persegi, ternyata syantik  jika diisi dnegan kerikil . Lalu bunga rumputnya saya rangkai. 

Jenis yang di bawah ini jangan direbus lho, karena ada jenis jenis bunga rumput yang harus direbus untuk proses pewarnaan dan mengawetkannya.
BUNGA JENGGER AYAM, SERING TUMBUH LIAR , BANDEL , TIDAK SULIT MENGEMBANG BIAKKANNYA, DAN TERMASUK TANAMAN OBAT. BUNGA INI BISA DIJADIKAN BUNGA KERING


Nah , ini salah satu spesies dari jenis bunga jengger ayam 



Bunga rumput ini pengeringannya  cukup dipetik dan didiamkan/diangin-angin di tempat kering , kalau direbus rontok bulirnya.


BUNGA JENGGER AYAM









bunga rumput dipajang dalam botol plastik bekas aroma terapi merk Putri, di dalamnya hias dengan aneka biji-bijian, santara lain saga dan biji jali
bunga rumput