Daftar Blog Saya

Selasa, 09 April 2013

KERAJINAN TANGAN /HANDMADE / HANDI CRAFT Bunga Kering (Jengger ayam)


Bunga-bunga liar kering, yang tumbuh subur di antara belukar lahan-lahan di pinggiran kota, atau di pedesaan dan dekat kawasan pertanian maupun hutan, salah satunya adalah jenis Bunga Jengger Ayam  yang fotonya saya tampilkan di bawah ini 




Perhatikan di antara ilalang, belukar dikawasan persawahan yang baru diurug. Sering kita jumpai bunga-bunga jengger ayam. Bunga ini dikenal sebagai bahan bunga kering , sudah biasa dijadikan bahan rangkaian bunga kering. Pengeringannya bisa direbus, tiriskan, jemur (dalam kondisi terbalik, tangkai di atas, bulir bunga menghadap ke arah bawah, supaya tidak melengkung tangkainya ketika kering). Tapi tak selamanya bunga kering jengger ayam ini tetap utuh setelah dikeringkan. Adakalanya rontok bulirnya. Biasanya kalau terlalu tua atau tidak segera dikeringkan setelah dipetik. Bulir yang rontoknya bisa diolah jadi kerajinan tangan juga.



setelah direbus dengan pewarna lalu dikeringkan.


bulir jengger ayam yang rontok diaduk bersma lem putih Fox, aduk-aduk menjadi adonan, lalu balur ke permukaan sebuah kardus karton . Setelah kering akan menjadi kardus dengan penampilan baru.

Ini piring styrofoam bekas kemasan makanan. Caranya  sama dengan di atas, hanya saja bulir jengger ayam divariasikan dengan jenis  bulir dan putik rontokan bunga lainnya yang juga sudah dikeringkan.